20 Dosen UTU Ikuti Seminar Serantau di Malaysia, Ini yang Dibahas
  • UTU News
  • 26. 11. 2019
  • 0
  • 510

MEULABOH, UTU – Sebanyak dua puluh orang dosen Universitas Teuku Umar (UTU) mengikuti kegiatan seminar serantau isu-isu komuniti (SSIK) 2019 di University Putra Malaysia (UPM), Serdang, Selangor Malaysia. Tema yang diangkat adalah "Komuniti Pemangkin Kesejahteraan Serantau".

Seminar ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh Institut Pengajian Sains Sosial (IPSAS) Universiti Putra Malaysia bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar (UTU), Pusat Pengajian Sains Kesihatan (PPSK) Universiti Sains Malaysia (USM) dan Pusat Transformasi Komuniti Universiti (UCTC) Universiti Putra Malaysia.

Selama dua hari penuh, 26-27 November 2019 mereka mengikuti rangkaian acara yang mempertemukan para ilmuwan di bidang sosial, ekonomi, bisnis, dan manajemen dari dua Negara melayu ini. Acara bergengsi bagi para peneliti di bidang sosial ini dibuka oleh Timbalan Naib Canselor (Penyelidikan & Inovasi), Universiti Putra Malaysia, Prof. Dr. Zulkifli Idrus, dan dilanjutkan dengan “welcome speech” oleh Professor Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA, Rektor Universitas Teuku Umar dengan tema "Entrepreneurship among University Student: Case Study in Aceh Indonesia".

Prof. Madya Dr. Haliza Abdul Rahman selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan tujuan utama dilaksanakan seminar serantau isu-isu komuniti 2019 adalah untuk menyediakan sebuah forum bagi peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitian, isu dan tren yang berhubungan dengan isu komuniti serantau.

Selain itu, tujuan lain dari seminar ini adalah untuk menambah pemahaman terhadap berbagai isu berkaitan masyarakat; memahami perspektif, pendapat dan pandangan komuniti berkaitan berbagai isu dengan mereka; bertukar idea dan pendapat terhadap isu, cabaran dan strategi yang berkaitan dalam usaha membangun dan menguatkan peran masyarakat sebagai pemacu penbangunan negara; dan mewujudkan satu platform untuk berkomunikasi dan bekerjasama sesama peserta dari kedua negara.

Rangkaian acara lainnya adalah Plenary Speech 1 dibawakan oleh Professor Dr. Fredolin Tangang (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), yang menyampaikan hasil studi tentang Climate Change from Global to Regional, Local Scale: Issues & Challenges.

Pada Plenary Speech 3, pidato dipaparkan oleh Professor Dr. Asnarulkhadi Abu Samah, dari Universiti Putra Malaysia yang menjelaskan Pembangunan komuniti : praktis mendayaupayakan komuniti. Sementara plenary speeach terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. Ramlee Mustafa dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia
yang mengangkat isu tentang "Community-Based Education (CBE): Challenges and Prospects.

Setelah sesi Plenary Speech berakhir, acara dilanjutkan dengan Concurrent Sessions. Pada acara ini 20 dosen UTU memaparkan hasil riset masing-masing dosen dengan presentasi dalam Bahasa Inggris dan Melayu yang disesuaikan dengan masing-masing sub tema. Adapun isu-isu yang dipaparkan oleh para Dosen UTU yang mengikuti seminar ini adalah isu lingkungan, pembangunan komunitas, pemuda, ekonomi, sosial, keselamatan makanan, dan isu politik. Hasil paparan ini kemudian ditanggapi oleh para peserta seminar yang lain yang dapat menjadi masukan untuk memperbaiki kualitas hasil studinya tersebut.

Tujuan khusus dari dosen UTU mengikuti kegiatan seminar ini antara lain untuk mendiseminasikan hasil penelitian dalam kalayak akademisi internasional. Selain itu juga untuk tujuan meningkatkan publikasi hasil penelitian dosen UTU di jurnal internasional bereputasi. Tujuan khusus lainnya adalah untuk meningkatkan skil dan kepercayaan diri dosen UTU dalam ajang internasional. Terakhir, melalui kegiatan seminar ini diharapkan dapat memperkokoh jejaring keilmuan dan kelembagaan UTU dalam kancah internasional.

Adapun para pimpinan UTU yang turut serta mengikuti seminar serantau isu-isu komuniti adalah Rektor, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dan Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA dan Dekan FISIP UTU, Basri, SH., MH. Sementara para dosen yang mengikuti kegiatan manyoritasnya dari berbagai prodi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UTU yaitu dari Prodi Sosiologi, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si; Dr. Arfriani Maifizar, M.Si; Aduwina, S.Sos., M.Sc; Yeni Sri Lestari, S.IP., M.Soc.Sc; Rahmah Husna Yana, S.Sos., M.Sos; dan Triyanto, S.Sos., MA. Dari Prodi Ilmu Administrasi Negara ada Sudarman, M.Ag; Fadhil Ilhamsyah, S.IP., M.Si; Nurhaslita Sari, S.Sos., M.A.P; Nellis Mardhiah, S.Sos., M.Sc dan Safrida, S.Sos., M.A.P.

Dari Prodi Ilmu Komunikasi ada Putri Maulina, S.I.Kom., M.I.Kom dan Anhar Fazri, S.Sos.I., M.Lit serta Nila Trisna, SH., MH dari Prodi Ilmu Hukum. Sementara tiga peserta lainnya dari Fakultas Ekonomi UTU yaitu Dr. Syahril, SE., M.Si; Amsal Irmalis, SE., M.Sc dan Lilis Marlina, SE., M.Si. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :