Asah Jiwa Kepemimpinan, LDK Al-Hijrah UTU Gelar MASTA 2019
  • UTU News
  • 25. 11. 2019
  • 0
  • 353

MEULABOH, UTU - Unit Kreativitas Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Hijrah Universitas Teuku Umar menggelar kegiatan Masa Ta'aruf dan Latihan Kepemimpinan (MASTA) Tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di gedung pengembangan karakter, kampus UTU, Sabtu (23/11) dan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (24/11).

Kegiatan yang mengangkat tema "Membentuk Kader Dakwah Terbaik Dengan Menjunjung Tinggi Moral dan Aqidah Islam yang Terkait dengan hukum syara' " ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin, MA.

Dr. Mursyidin dalam sambutannya dihadapan 165 peserta ini mengatakan UKM LDK adalah UKM yang paling diminati di UTU karena jumlah anggotanya setiap tahun terus meningkat.

"Kami sangat mengapresiasi UKM LDK yang sangat aktif dalam menyelenggarakan kegiatan rutin setiap minggu. Kegiatan seperti ini sangat positif dilakukan dalam upaya membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni". Lanjut Dr. Mursyidin

Ketua Panitia pelaksana, Asmili kepada media UTU.News mengatakan kegiatan MASTA dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada anggota baru mengenai fungsi UKM LDK yang dapat dijadikan wadah untuk pengembangan karakter mahasiswa.

"Saya berharap, semua kader yang baru bergabung untuk tetap dan selalu istiqamah, karena perlu kita ketahui bahwa mengemban dakwah ini banyak sekali tantangan dan hambatan, oleh karena itu kepada kader - kader LDK semoga menjadi wasilah islam nya indonesia yang baik". Katanya

Sementara Asrudi Riski selaku Katua Umum LDK Alhijrah UTU juga mengatakan, agar Teman - Teman yang melaksanakan MASTA LDK AL-HIJRAH kali ini tetap Istiqomah dan dapat menjadi Kader Dakwah Kampus yang hebat, karena LDK adalah salah satu ormawa tertua di Universitas Teuku Umar, yang didirikan pada tanggal 30 Januari 2008 silam.

Menurutnya, MASTA kali ini sedikit berbeda dengan MASTA tahun-tahun sebelumnya, dimana selain melaksnakan kegiatan di dalam kampus, MASTA juga digelar di luar kampus yaitu di Calang, Aceh Jaya.

"Tujuannya sebagai upaya untuk membangun semangat kader agar berdakwah bukan hanya di kawasan Aceh Barat. Akan tetapi dakwah LDK UTU perlu dikembangkan ke kawasan lainnya sehingga kehadiran UKM LDK UTU dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas." Lanjutnya

Selain itu, untuk menunjukkan bahwasanya LDK tidak hanya eksis di dalam masjid saja namun perlu juga kegiatan dakwah di lapangan.

Sementara itu, Hasanuddin Husen, M.Sc selaku pembina UKM LDK UTU berharap lewat kegiatan ini akan terbentuk karakter kepemimpinan dalam diri setiap mahasiswa sehingga mereka nantinya dapat lebih maksimal dalam menjalankan roda organisasi di kampus. Karakter kepemimpinan itu antara lain, seorang pemimpin harus mampu berjiwa sabar, profesional, inovatif, serta mempunyai integritas yang tinggi.

Masih menurut Hasanuddin, menjadi seorang pemimpin haruslah dimulai dari diri sendiri. Hal itu dapat diperoleh dengan latihan mengendalikan sifat buruk dengan sungguh-sungguh. Selain itu latihan bertindak dengan penuh tanggung jawab juga mutlak dilaksanakan.

Bagaimanapun juga kelak dikemudian hari mereka pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik bagi dirinya maupun keluarganya. “Sebagai umat Islam supaya menjadi pemimpin yang baik, maka harus menjadikan sifat Rasulullah SAW sebagai figur. Bukan itu saja sifat-sifat dan kepribadian nabi juga harus diteladani,” katanya. (Aduwina / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :