Darurat COVID-19 Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Teuku Umar Sidang Mahasiswa Dalam Jaringan
  • Prodi Ekonomi Pembangunan
  • 15. 04. 2020
  • 0
  • 257

Alue Peunyareng- COVID-19 menyebabkan banyak aktivitas semua berubah bahkan ada yang berhenti. Seperti halnya tradiosional market place yang sepi dan lesunya perekonomian. Pemberlakuan physical distance dan banyak tagar di medsos #dirumahaja pun berselearan di mana-mana, dengan tujuan mengurangi penyebaran virus tersebut

Dalam kegiatan belajar mengajarpun ikut terkena dampak dari COVID-19 tersebut. Kondisi tersebut tak membuat sivitas akademika Fakultas Ekonomi UTU berpangku tangan. Dalam menyikapi hal darurat COVID-19 perkuliahan tetap dilaksanakan, berupa work from home bagi dosen dan study from home bagi mahasiswa yang dianggap menjadi langkah efektif dan efesien pada kondisi sekarang ini. Ada yang menggunakan aplikasi Zoom meeting, Whatapps, Google Classroom, hingga G-meet yang dipelopori Google tersebut sebagai tools pendukung belajar dalam jaringan.

Program Studi Ekonomi Pembangunan tak mengurungkan niat untuk melaksanakan sidang mahasiswa. Pada Selasa (15/14/2020) salah satu mahasiswa PS. EKP sidang dengan cara Video Conference. Pada Sidang tersebut tak ada kendala, baik dari dosen penguji, pembimbing maupun mahasiswa sendiri, hingga sidang dapat berjalan lancar.     

Sementara itu, pun kegiatan seminar proposal dan seminar hasil tetap dilaksanakan dengan menggunakan metode yang sama VC.

Kondisi perkuliahan daring tak membuat sebahagian mahasiswa untuk tidak belajar, meski harus belajar di alam terbuka untuk memperoleh kwalitas signal  yang baik pada modem broadband di gawai. Hikmah positif belajar di alam adalah bahwasanya alam merupakan tempat yang  dapat memberikan positif refarming dalam pembentukan karakter yang baik dan turut didukung oleh keluaarga, rekan dan motivasi dari dosen sebagai instrumental support juga menumbuhkan jiwa yang memiliki nilai yang positif.

Meski demikian semoga kondisi musibah ini cepat berlalu dan dapat menajalani aktivitas seperti sediakala. Selamat Belajar.

Lainnya :