Fakultas Pertanian UTU Tandatangani MoA dengan Fakultas Teknologi Pertanian UNAND
  • UTU News
  • 16. 11. 2019
  • 0
  • 311

MEULABOH, UTU - Bukti nyata keseriusan Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (FP UTU) untuk mengembangkan diri bekerjasama dengan pihak lain kembali dilaksanakan. Kamis (14/11/19) Dekan FP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, M.Si dengan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama dalam bentuk MoA (Memorandum of Agreement) pada saat penutupan Executive Meeting Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Teknologi Pertanian Indonesia (FKPT TPI).

Penandatangan MoA tersebut turut disaksikan oleh pimpinan kedua Instansi dan juga dihadiri oleh Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag dan Staf di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian serta Ketua Prodi dari Fakultas Pertanian UTU.

Dekan FP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UNAND terutama Fakultas Teknologi Pertanian yang telah mempercayakan FP UTU sebagai lembaga mitra kerjasama walaupun baru sebatas Memorandum of Agreement (MoA). Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan dengan UNAND.

Dengan penadatanganan MoA ini sebenarnya banyak yang dapat dan harus kita perbuat demi kemajuan kedua Fakultas ini terutama dibidang pertanian selagi manusia memerlukan makanan dan minuman sudah pasti memerlukan ertanian. “Justru itu mari kita bersama-sama bangkitkan jiwa pertanian, meningkatkan hasil pertanian serta kita perkenalkan hasil pertanian kepada masyarakat agar kita bisa maju,” tegas Ir. Yuliatul.

"Namun yang paling penting diperhatikan dari MoA kita hari ini adalah bagaimana menghasilkan output antara kedua belah pihak sesuai dengan tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Masyarakat” ujarnya lagi Ir. Yuliatul

Ir. Yuliatul menambahkan, Universitas kami sangat kuat dalam bidang pertanian. Dimana pertanian masuk dalam core utama Universitas Teuku Umar selain Perikanan dan Kelautan. Universitas Teuku Umar memiliki core Agro and Marine Industries serta memiliki Visi sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi. Kendati begitu, kami juga memiliki sejumlah pusat keunggulan salah satunya berupa UTU Farm yang memiliki kebun koleksi pisang dunia dan Programme yang berguna bagi dosen dan mahasiswa pertanian untuk melakukan riset dan pengembangannya” jelas Yuliatul. 

Sementara itu Dekan Teknologi Pertanian UNAND, Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Fakultas Teknologi Pertanian UNAND sudah terakretasi B, “Makanya kita berharap FP UTU bisa membantu kami dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang Feri Arlius.

Sesi akhir dari kegiatan ini adalah penandatanganan MoA oleh masing-masing Dekan serta penyerahan berkas yang sudah di tandatangi dan ditutup dengan penyerahan cendra mata dari masing-masing Fakultas.

Rektor Mendukung

Dihubungi terpisah, Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam kesempatan wawancara dengan media pers UTU.News menuturkan kita mengapresiasi gerak cepat pimpinan Fakultas Pertanian dalam upaya merealisasikan MoU yang telah ditandatangani oleh kedua Pimpinan Universitas ini dengan melakukan penandatanganan MoA. Ini bagus dilakukan dalam upaya mengembangkan potensi SDM dan SDA diberbagai bidang khususnya bidang pertanian, sehingga UTU kedepannya dapat menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam kontribusinya mengembangkan potensi pertanian di daerah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Ini tidak terlepas dari potensi SDA pertanian yang sangat besar yang dimiliki Kabupaten Aceh Barat dan kawasan pantai Barat Selatan Aceh yang harus disikapi untuk dikembangkan oleh UTU selaku Perguruan Tinggi Negeri yang fokus pengembangan dalam bidang Agro and Marine Industries". pungkas Rektor Prof. Jasman. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :