GenBI UTU Gelar Seminar dan Aksi Donor Darah
  • UTU News
  • 01. 12. 2019
  • 0
  • 157

MEULABOH - Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (GenBI UTU) melaksanakan kegiatan Seminar Kesehatan dan Aksi Donor Darah Massal,  yang berlangsung di Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat. Sabtu, 30 November 2019.

“Kegiatan Seminar Kesehatan dan Aksi Donor Darah Massal ini  dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan di Era Modern”,  ujar Zulfahmi

Zulfahmi mengatakan, kegiatan ini mengusung tema, "Mengenal Sejak Dini Dan Mencegah Penyakit Berbasis Lingkungan Untuk Menciptakan Lingkungan Masyarakat Yang Sehat Di Era Modern". Kegiatan ini selain diikuti mahasiswa Universitas Teuku Umar juga diikuti masyarakat umum yang berdomisili di Kabupaten Aceh Barat.

Dengan adanya kegiatan GenBI ini diharapkan peserta seminar yang berasal dari kalangan berbagai disiplin ilmu mampu mensosialisasikan ke masyarakat baik secara bersosialisasi langsung kelapangan maupun mengunakan media sosial agar tersampaikan betapa pentingnya mencegah penyakit dan menjaga lingkungan sejak dini di Era Modern.

Melalui kegiatan seminar ini diharapkan  dapat menanamkan kepada peserta agar selalu senantiasa menjaga kesehatan dengan selalu memperhatikan lingkungan sekitar kita. GenBI Aceh Komisariat UTU turut menghadirkan 2 (dua) orang narasumber yaitu Azwar, SKM, MPH (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat) dan dan Petugas Dinas Kesehatan Aceh Barat, Aziz Bustari, S.Kep. NERS, MPH.

Dikatakan, dewasa ini masyarakat tidak terlalu memperhatikan kebersihan lingkungan, padahal setiap aktivitas yang dilakukan hampir semuanya berkaitan dengan aktivitas di luar ruangan. Untuk itu, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan kesadaran akan nilai-nilai pencegahan dan memperbaiki lingkungan masyarakat dengan baik. Dengan hadirnya GenBI untuk turut berpartisipasi aktif dan cermat pentingnya menjaga penyakit berbasis lingkungan dalam seminar ini agar mahasiswa dan masyarakat dapat memahami apa itu penyakit berbasis lingkungan dan apa saja cara untuk mencegahnya dengan baik.

Ketua Panitia GenBI Riza Ratna Sari mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan serta mengenali penyakit yang timbul akibat lingkungan yang tidak bersih.

"Kesehatan merupakan modal utama bagi kita untuk melakukan aktivitas sehari hari terutama saat diluar ruangan. Semoga ilmu yang kita dapatkan ini mampu kita salurkan kepada masyarakat bahwa penting sekali menjaga lingkungan agar tidak menimbulkan penyakit yang dapat menghalagi aktivitas kita sehari hari", ujar Riza Ratna Sari

Azwar,SKM MPH mengatakan, tidakkah kita menyadari sekarang penyakit menjadi bermacam-macam jenisnya. Banyak yang menjadi faktor penyebabnya. Salah satunya adalah akibat kita tidak menjaga lingkungan dengan baik.  "Sudah sering kita lihat dampak dari hal-hal tersebut tapi kita tidak juga sadar akan efek buruknya, baik itu jangka panjang maupun pendek. Penyakit- penyakit yang bisa timbul akibat kita tidak menjaga lingkungan dengan baik antaranya diare, malaria, DBD dan lainnya.  Ini  faktor yang sangat perlu kita perhatikan secara seksama",  ujar Azwar

Sementara itu, Aziz Bustari, S.Kep.NERS, MPH mengapresiasi bahwa kegiatan yang diadakan oleh komunitas GenBI ini sangat luar biasa sekali dan berdampak positif, karena di era serba digital saat ini orang-orang bermalas-malasan, seakan tidak peduli dengan kesehatan lingkungan yang menimbulkan berbagai jenis penyakit berbasis lingkungan. Melalui seminar tentang penyakit berbasis lingkungan diharapkan ke depannya masyarakat milenial lebih paham akan bahaya penyakit berbasis lingkungan, ujar Aziz Bustari

Rahmat Dilta Harahap Ketua GenBI Komisariat UTU mengatakan, kegiatan seminar kesehatan ini merupakan salah satu langkah GenBI Komisariat UTU untuk mengkampanyekan selalu menjaga lingkungan dan mencegah penyakit berbasis lingkungan sejak dini di era modern agar masyarakat terus membiasakan diri untuk berprilaku hidup bersih dan sehat

Melalui Kegiatan ini kita berharap nantinya perserta seminar dapat mengenali penyakit berbasis lingkungan yang timbul dimasyarakat serta faktor-faktor yang merusak lingkungan. Kegiatan ini juga memberikan informasi bahwa GenBI hadir untuk mencegah dan selalu memperhatikan segala bentuk kerusakan lingkungan agar dapat diperbaiki guna keberlangsungan kehidupan di muka Bumi,  sebut Rahmat Dilta Harahap. 

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan kepada narasumber dan pembagian doorprize kepada mahasiswa yang aktif ketika seminar berlangsung dilanjutkan dengan sesi foto bersama narasumber, perserta dan rekan-rekan komunitas GenBI Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar. (Muzakkir/*)

Lainnya :