Jelang Semester Genap 2021, Prodi Teknik Mesin UTU & Teknik Mesin USK Finalisasi Kurikulum KMMB
  • UTU News
  • 20. 01. 2021
  • 0
  • 517

MEULABOH - UTU | Program Studi Teknik Mesin Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan kunjungan kerja Prodi Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) dalam rangka finalisasi kurikulum Kampus Merdeka - Merdeka Belajar (KMMB), Jum'at (15/1/21).

Kurikulum KMMB akan mulai diterapkan di kedua Universitas ini pada semester Genap Februari 2021 mendatang.

Kunjungan ini menindaklajuti dari kunjungan pertama pada 3 Desember 2020. Dalam pembahasan yang dilakukan di Balai Gadeng FT USK, Wakil dekan I FT USK Dr. Iskandar. S.T, M.Eng menyambut baik kedatangan tim FT UTU, dalam hal ini percepatan implementasi program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar antara Jurusan diantara kedua Universitas, dimana pelaksanaan perkuliahan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi ZOOM Meeting yang akan dimulai  pada tanggal 15 Februari 2021.

"Untuk pendaftaran secara resmi lewat sistem dan tidak tidak ada persyaratan khusus karena ini mata kuliah pilihan yang akan di buka oleh Teknik Mesin USK." Jelasnya.

Lanjutnya, nanti mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah pilihan yang sudah disepakati akan di berikan Nomor register mahasiswa agar memudahkan Dosen dalam pengimputan nilai.

Sementara Wakil Dekan I UTU Samsunan, S.T., M.T dalam kesempatannya juga mengatakan kerjasama yang sudah lama terbangun ini harus terus di tingkatakan, apalagi dengan adanya Implementasi kurikulum KMMB.

Lanjutnya berhubung MoA dengan Fakultas Teknik USK dan UTU bulan April 2021 ini akan berakhir maka dengan ini akan diajukan perpanjangan dan menyempurnaan MoA sesuai dengan kebutuhan saat ini.

"Nanti MoA antar Fakultas akan disepakati lagi apakah  penandatanggan dengan daring atau luring." Kata Samsunan.

Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri USK, Dr Irwansyah, ST, MEng  mengungkapkan ada 10 Matakuliah pilihan yang di buka dalam KMMB. Kuota yang diberikan 10 mahasiswa untuk setiap kelas yang dibuka. 10 mata kuliah ‘Merdeka Belajar’ tersebut adalah 1. Teknik Pengecoran, 2.Teknik Pengering, 3. Rekayasa Korosi, 4. Energi Terbarukan, 5. Kerusakan Logam dan Pengujian, 6. Material Komposit, 7. Metode Komputasi, 8. Mekatronika, 9. Konsep Desain, 10. Pemilihan Bahan dan Proses.

Maidi Saputra, ST., MT mengatakan dalam waktu dekat ini  akan dilakukan seleksi bagi mahasiwa yang akan mengambil perkuliahan ke USK ini karena setiap mahaiswa yang kuliah ke Jurusan Teknik Mesin USK akan menjadi duta mahasiswa bagi Jurusan Teknik Mesin UTU yang membawa nama kita ke USK.

"Agar mahasiswa yang mengambil matakuliah di Unsyiah bisa mengikuti standar perkuliahan di sana dengan baik. Yang akan diseleksi adalah IPK, jumlah SKS yang sudah diambil, tingkat kedisiplinan mahasiswa, dll." Tutup Maidi Saputra.

Adapun tim perwakilan dari UTU terdiri dari Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Samsunan, S.T., M.T, Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Mesin UTU Maidi Saputra, S.T., M.T, dan Herri Darsan, S.T., M.T, serta Dosen Teknik Mesin Al Munawir, S.Si, M.Sc. Sementara Kunjungan ini disambut langsung Oleh Tim dari USK yaitu Wakil Dekan 1 FT USK Dr. Iskandar. S.T, M.Eng. Ketua Jurusan Teknik Mesin Dan Industri USK, Dr Irwansyah, ST, MEng, Sekjur Dr. Sarwo Edhy, S.T .,M.Sc, Kaprodi Teknik Mesin USK Dr. Muhammad Rizal serta Kepala Tata Usaha USK. Pertemuan berlangsung dengan menerapakan Protokoler Covid 19. (AP)

Lainnya :