Kanwil DJPb Aceh Gelar
  • UTU News
  • 24. 09. 2019
  • 0
  • 274

MEULABOH, UTU - Treasury Goes to Campus merupakan salah satu kegiatan yang sedang digiatkan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Provinsi Aceh, Kementerian Keuangan RI.

Dalam rangka upaya mengenalkan tentang tugas pokok fungsi direktorat jenderal kebendaharaan dipahami masyarakat dalam hal ini mahasiswa sebagai calon pemimpin negeri agar lebih paham dalam perbendaharaan. Kanwil DJPb Aceh bersama Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar melaksanakan treasury goes to campus di UTU dengan mengangkat tema “Peran APBN Dalam Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Aceh". Senin (24/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Utama lantai 2, Gedung Kampus UTU tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Aceh berserta jajarannya, Kepala KPPN Aceh Barat, Wakil Rektor III UTU, Dekan Fakultas Ekonomi, Kabiro dan Kabag lingkup UTU, Ketua Senat Universitas dan ratusan mahasiswa FE UTU dari berbagai program studi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Mursyidin, MA yang mewakili Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya mengatakan bahwa perlu sinergitas dan saling mendukung antara kampus dengan kantor perbendaharaan agar kemajuan dan kesejahteraan rakyat Aceh bisa terwujud.

"Penting nya kerjasama dalam hal peningkatan sumber daya manusia terutama praktik magang lapangan yang akan dilaksanakan kedepan." Kata Dr. Mursyidin.

Menurutnya pelaksanaan kegiatan treasury goes to campus di kampus-kampus sangat penting dilakukan, sebagai salah satu upaya sosialisasi kepada mahasiswa mengenai tugas pokok dan fungsi Kemenkeu, khususnya Ditjen Perbendaharaan, dan lebih khusus lagi KPPN. Warek 3 mengharapkan agar mahasiswa UTU dapat menyerap dan memahami materi yang disampaikan, khsusunya dalam hal pengelolaan APBN.

"Tema yang dibahas hari ini sangat menarik untuk diikuti, APBN cukup banyak beredar di Aceh, apakah uang APBN itu sudah mensejahterakan masyarakat Aceh. Kegiatan ini sangat penting diikuti oleh seluruh mahasiswa." Tutupnya

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim, SE., MT dalam sambutannya sangat mengapresiasi kampus UTU bila mau mengirim mahasiswanya untuk PKL/Magang. Kami siap menerimanya.

"Kanwil DJPb Aceh memiliki program pembinaan siswa kelas 3 dan mahasiswa akhir untuk dibina dan dilatih agar dapat ikut terlibat dlm hal keuangan negara." Katanya

Kanwil keuangan siap mendukung dan merekomendasikan UTU untuk percepatan pembangunannnya, terutama pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM.

Sebelumnya, Dekan FE UTU, Dr. T. Zulham, SE., M.Si dalam sambuatnnya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kepala Kanwil DJPb Aceh dan rombongan hadir di UTU.

“Kegiatan ini dapat memberikan ruang kepada para mahasiswa mengetahui tentang tupoksi Kemenkeu khususnya Ditjen Pembendaharaan, tentang mekanisme pengelolaan dana APBN dan bisa berdiskusi langsung dengan pemateri." ucap Dekan.

Ke depan agenda-agenda semacam ini akan terus diadakan di Fakultas Ekonomi untuk memberikan update tentang perkembangan perekonomian serta menumbuhkan sense of post campus kepada mahasiswa karena melalui agenda-agenda seperti ini mahasiswa bisa melihat dan berkenalan dengan dunia yang akan mereka hadapi selepas menjalani perkuliahan di kampus. (Aduwina).

Komentar :

Lainnya :