KKN Tematik XV UTU di Woyla Adakan English Class, Para Siswa Sangat Antusias
  • UTU News
  • 14. 07. 2020
  • 0
  • 481

MEULABOH - UTU | Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang seharusnya dikuasai setiap individu di seluruh dunia. Dengan bahasa inggris, seseorang akan mampu berkomunikasi dengan individu-individu yang berasal dari negara lain, karena hal tersebut bahasa inggris mampu memperlancar pekerjaan seseorang yang sedang bekerja di luar negeri. 

Oleh karena itu, tenaga pengajar dan masyarakat desa Ie Itam Tunong, Woyla, Kabupaten Aceh Barat menganggap bahwa kemampuan bahasa inggris yang dimiliki oleh anak-anak desa Ie Itam Tunong masih belum memadai, sementara tenaga pengajar bahasa inggris di desa tersebut memanglah sangat minim. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut Kelompok KKN Tematik Desa Ie Itam Tunong mengadakan program kerja di bidang pendidikan formal yaitu menghadirkan program yang bertajuk "English Class" dengan mengajarkan bahasa inggris kepada siswa-siswi gampong Ie Itam Tunong.

Program ini bertujuan untuk menguatkan dasar ilmu pengetahuan tentang bahasa inggris. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan langsung oleh mahasiswa KKN Tematik UTU 2020.

Marzuki yang merupakan salah satu mahasiswa yang sedang mengikuti program KKN Tematik di desa Ie Itam Tunong Kepada media UTUNews mengatakan bahwa selama Pandemi Covid-19 ini berlangsung proses belajar mengajar secara formal di Aceh di hentikan, termasuk di desa Ie Itam Tunong, sehingga siswa-siswi disini tidak mendapatkan pemebelajaran yang selayaknya terutama tentang materi bahasa inggris.

"Kami mengadakan kelas bahasa inggris kepada anak-anak desa Ie Itam Tunong, sebagai bagian dari pengabdian masyarakat serta mendukung program pemerintah yang hingga hari ini masih memberlakukan pendidikan daring. Kami mendampingi proses belajar bahasa ingris kepada siswa untuk mengisi masa kekosongan proses belajar mengajar selama Covid-19." Jelas Marzuki

"Saya sangat senang bisa terlibat dalam English Class, karena siswa-siswa di sini sangat aktif dan kooperatif sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan kondusif" Lanjutnya.

Memang pada awal mengajar sempat mengalami kesulitan untuk memahami karakteristik siswa, tetapi seiring berjalannya waktu permasalahan tersebut dapat teratasi. Justru siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran setiap harinya. 

Sementara itu salah satu orangtua siswa di Ie Itam Tunong merasa sangat senang sekali dengan adanya program English Class yang digagas oleh mahasiswa KKN Tematik UTU 2020 karena program tersebut dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan mengakses pendidikan selama Covid-19, apalagi ditempat kami jaringan internetnya kurang.

Harapannya, program ini dapat meningkatkan kemampuan dasar siswa sekolah dasar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Ia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung walau kegiatan KKN nya usai karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat terhadap siswa.

Kegiatan belajar bahasa inggris ini diikuti kurang lebih 20 peserta dari berbagai tingkat sekolah, mulai dari SD hingga SMP. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :