Lengkapi Tri Darma, Dosen FKM UTU Terbitkan Buku
  • UTU News
  • 15. 05. 2020
  • 0
  • 841

MEULABOH - UTU | Menjadi seorang dosen, tidak hanya memiliki kewajiban mengajar. Mereka juga punya kewajiban dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat atau Tri Darma Perguruan Tinggi. Untuk melengkapi bidang penelitian dan pengabdian, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar menerbitkan buku teks pembelajaran berjudul: “Pangantar Ilmu Kesehatan Masyarakat Agraris”.

Buku yang mengupas tentang permasalahan kesehatan masyarakat secara khusus di wilayah agraris yang unik dan kental dengan sosial budaya ini adalah karya beberapa dosen FKM, yaitu Yarmaliza, SKM. M.Si, Teungku Nih Farisni SKM, M.Kes, Fitriani, SKM, M.Kes, Veni Nella Syahputri, S.Pd, M.Pd, Zakiyuddin, SKM, M.Kes, Fitrah Reynaldi, SKM, M.Kes dan Safrizal, SKM, M.Kes.

Buku ini menjelaskan tentang aplikasi keterpaduan antara teori kedokteran, praktik sanitasi masyarakat, dan ilmu sosial dalam mencegah penyakit yang terjadi di masyarakat agraris, dimana keadaan atau kondisi untuk memelihara, melindungi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat memerlukan usaha-usaha pengorganisasian masyarakat. Maka dari itu kesehatan masyarakat agraris merupakan suatu keadaan yang wajib dijaga kualitas kesehatannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah tersebut.

Yarmaliza, M.Si mengatakan buku yang disusun selama dua tahun ini merupakan salah satu bentuk realisasi dukungan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat dalam mewujudkan Visi dan Misi Universitas Teuku Umar sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi. "Buku ini merupakan buku kedua yang disusun oleh team, dimana pada tahun 2019 telah di rilis Buku “Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat Pesisir”. Kata Yarmaliza

"Kami mengharapkan buku ini bisa menjadi rujukan dan referensi bagi akademisi, mahasiswa, praktisi kesehatan dan masyarakat secara umum, sehingga dapat menjadi salah satu solusi alternatif terhadap permasalahan kesehatan masyarakat, khusunya diwilayah agraris," Lanjutnya

Dekan FKM UTU Prof. Dr, drh, Darmawi, M.Si memberikan apresiasi karena buku tersebut sangat mendukung visi universitas teuku umar dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa serta praktisi kesehatan di negara agraris, termasuk Indonesia dan Aceh khususnya.

“Selaku pimpinan Fakultas, tentunya saya sangat mengapresiasi semangat para dosen FKM untuk mengembangkan kompetensinya di bidang penulisan buku, khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat," Katanya

Menurutnya, menulis adalah bakat sekaligus keterampilan, karena bakat adalah keterampilan yang di ulang-ulang, dan ini yang menjadi perhatian seluruh dosen di FKM, untuk bisa melahirkan buah pikiran yang ilmiah dalam bentuk hasil karya, baik buku, artikel maupun jurnal ilmiah. Tutup Prof. Darmawi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :