Mahasiswa KKN-UTU Di Abdya Gelar Lokakarya
  • UPT_TIK
  • 19. 02. 2020
  • 0
  • 488

MEULABOH - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XIV tahap II tahun 2020, Universitas Teuku Umar (UTUI) menggelar lokakarya di Aula Kantor Camat Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu, 19 Februari 2020. Lokakarya yang berlangsung hingga sore hari, dibuka oleh Bupati Abdya yang diawakili Staf Ahli, Drs. Yuslan Sulaidi.

Kegiatan lokakarya dihadiri Wakil Rektor I-UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA, Ketua LPPM-PM, Ir. H. Rusdi Faizin, M. Si, Dekan FPIK, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si, Kepala Biro Akademik, Drs. H. Muslim Raden, M.Si, Para Wakil Dekan dalam lingkup fakultas UTU, Muspika Lembah Sabil, dan para Keuchik dalam Kecamatan Lembah Sabil.

Koordinator KKN LPPM-UTU, Teungku Nih Farisni, S.KM, M. Kes, didampingi Sekretaris KKN, Nabil Zurba, S.Pi, M. Si (Dosen Fakultas Perikanan-UTU) menyampaikan, lokakarya dilaksanakan menjelang berakhirnya pelaksanaan KKN  dalam Kecamatan Lembah Sabil.  “Insya Allah, mahasiswa KKN,  Sabtu, 22 Februari 2020 akan dijemput kembali oleh Pimpinan UTU, setelah melaksanakan pengabdian-nya kepada masyarakat selama 40 hari  (sejak 13 Januari sampai 22 Februari 2020),  dalam Kecamatan Lembah Sabil”, ujar Koordinator KKN, Teungku Nih Farisni yang juga Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM-UTU).

Nabil Zurba menjelaskan, peserta KKN angkatan XIV tahap II Tahun 2020 ini sebanyak 48 orang, yang di tempatkan pada 7 (tujuh) desa dalam Kecamatan Lembah Sabil yaitu Desa Padang Keulele, Ujong Tanoh, Geulanggang Batee, Meunasah Tengoh, Meunasah Sukon, Meurandeh, dan Toko Dua,

Dalam lokakarya tersebut, mahasiswa KKN menyampaikan persentasi sejumlah program yang telah dilaksanakan di desa tersebut selama KKN. Persentasi dmaksud disampaikan oleh masing-masing kelompok, dan didampingi  oleh dosen  DPL, ujar Nabil Zurba.

Wakil Rektor I-UTU, Dr. Alfizar dalam arahannya, menekankan kepada mahasiswa KKN pentingnya  melakukan pemetaan potensi-potensi  daerah agar program yang dilakukan pada saat mengabdi dalam masyarakat dapat bermanfaat secara langsung bagi daerah, dan bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua LPPM, Ir. H. Rusdi Faizin, M. Si dalam sambutannya mengharapkan, sejumlah program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama KKN, dapat menjadi sarana untuk mengaplikasikan ilmu-nya  yang telah diperoleh dari bangku perkuliahan kepada masyarakat, sehingga dengan kehadiran mahasiswa di desa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sedangkan Stah Ahli Bupati Abdya, Yuslan Sulaidi ketika membuka lokakarya mengakui, pelaksanaan KKN tahun 2020 ini sudah cukup baik, dapat dilihat dari beberapa program inovatif seperti pembuatan batu bata dari plastik.  “Kami berharap inovasi inovasi yang telah dimunculkan oleh mahasiswa seperti ini,  dapat terus diaplikasikan di dalam masyarakat”.

Sebagaimana berita sebelumnya, Pimpinan Universitas Teuku Umar (UTU) kembali mengirimkan mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Wilayah Kebupaten Aceh Barat Daya (Abdya), tepatnya di Kecamatan Lembah Sabil.

Peserta KKN angkatan XIV Tahap II Tahun 2020 ini sebanyak 48 orang, yang diserahkan oleh Rektor UTU, diwakili Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, didampingi Kepala LPPM-PM UTU, Ir. H. Rusdi Faizin, M. Si, di Aula Kantor Camat Lembah Sabil, Senin 13 Januari 2020 lalu, dan diterima oleh Bupati Abdya yang diwakili Asisten III, Nyak Seh, saat itu. (Muzakkir/*)

Lainnya :