PUAN RIMA buat Kelas Persiapan Karir bagi Mahasiswa
  • Ilmu Administrasi Negara
  • 08. 08. 2020
  • 0
  • 327

Pusat Bimbingan Karir Mahasiswa (PUAN RIMA) Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar menggelar kelas persiapan karir untuk mahasiswa. Kegiatan digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Sabtu (25/7). 

Acara yang diikuti oleh puluhan peserta dari kalangan mahasiswa, alumni dan dosen lintas prodi di FISIP UTU ini menghadirkan pemateri yang berkompeten yaitu Anindya Ayu Hirasti, M.Psi., Psikolog yang merupakan Anggota Himpunan Spikologi Indonesia (HIMPSI). 

Agatha Debby Reiza Macella, M.Si, Koordinator PUAN RIMA mengatakan kelas persiapan karir ini isinya memberikan pemahaman mahasiswa rangkaian proses rekruitmen kerja dari penyusunan CV, bimbingan interview , psikotes, FGD, serta medical check-up. Dan  ini merupakan agenda perdana PUAN RIMA setelah dilauching pada 17 Juli 2020 lalu. 

"Kelas bimbingan ini kita peruntukkan kepada mahasiswa, khususnya angkatan tua dan fresh garduate yang sedang berhadapan dengan tantangan dunia kerja. Kita berharap mereka mendapatkan pengetahuan yang perlu dipersiapkan jika sewaktu-waktu menghadapi kondisi yang demikian." Tambah Debby

Sementara itu, Anindya Ayu Hirasti dalam paparan materinya mengatakan setiap kita perlu mengetahui lebih dalam tentang potensi atau kemampuan diri sesuai dengan syarat yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga kita dapat mempersiapkan argumentasi dan narasi yang tepat saat interview. 

"Yang perlu diingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memulai interview, diantaranya berpakaian yang rapi dan menarik, bersikap sopan, jika berjabat tangan dengan mantap dan ketika berbicara usahakan kontak mata, berikan feedback atas penjelasan yang diberikan oleh penyelenggara seperti memberi anggukan. Posisi tubuh juga harus diperhatikan, yaitu usahakan tetap rileks, badan tegap dan condong kedepan, posisi kepala tegak." Jelas Anindya. 

Selain itu, lanjut Anindya ada beberapa tindakan yang tidak perlu dilakukan saat interview, diantaranya melihat jam secara berkala, menguap, menyilangkan tangan didada, dan kaki bergoyang-goyang. 

Kelas bimbingan interview dan psikotes berjalan lancar, para peserta sangat antusias mengikuti kelas dan berinteraksi dengan memberikan sejumlah pertanyaan seputar persiapan mengikuti interview, psikotes dan juga shering pengalaman diantara peserta dan pemateri. 

" kegiatan ini sangat bermaanfaat sekali , sangat luar biasa sekali bagi kami mahasiswa,apalagi sya sudah semester akhir ini tau bagaimana menghadapi interview nti, banyak ilmu yang saya dapatkan, banyak hal yang awalnya saya tidak tahu menjadi tau jadi ilmunya bertambah,  tukas Desi Rani mahasiswa adm negara angakatan 2018.

Dosen adm negara pun beberapa ada yang mengikuti kegiatan tersebutpun juga mengatakan "kegiatan ini sangat bagus sekali untuk selalu diberikan bukan hanya untuk prodi kita tapi juga prodi lain, apa yang disampaikan sangat bermanfaat sekali khususnya bagi mahasiswa yg akan lulus untuk menghadapi dunia kerja" jelas Nodi Marefanda. (Debby R)

Komentar :

Lainnya :