Quattrik, UB Kembali Raih Juara Umum 5th UTU Awards 2019
  • UTU News
  • 18. 11. 2019
  • 0
  • 324

MEULABOH, UTU - Untuk keempat kalinya secara berturut-turut Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Indonesia mampu meraih juara umum dan mempertahankan piala bergilir Kemenristekdikti di ajang kompetisi 5th UTU Awards Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar. UB berhasil meraih 3 juara 1 dan 1 juara dua dari empat tim yang diutus. Yaitu juara 1 di  Bidang Desain Toko Online, Bidang Produk Inovasi Berbasis Pertanian dan Perikanan  dan Bidang Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan. Sementara di bidang Perencanaan Bisnis, UB harus mengakui keunggulan tim tuan rumah, Universitas Teuku Umar yang berhasil merebut juara I.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan pada malam Anugerah UTU Awards, Sabtu (16/11/19) yang dilangsungkan di halaman kampus UTU, Alue Penyareng, Aceh Barat. Dibawah guyuran hujan lebat, prosesi penyerahan hadiah dan piala bergilir berlansung lancar. Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa yang berada di era digitalisasi ini dituntut untuk kreatif karena yang kreatiflah yang mampu berkembang dan bersaing di era revolusi industri 4.0 ini. Di era ini kegiatan manusia sudah banyak digantikan dengan tenaga mesin.

Prof. Jasman melanjutkan, UTU Awads kali ini diikuti oleh mahasiswa Luar Negeri yaitu dari Malaysia, perwakilan kampus University Malaysia Terengganu (UMT), Terengganu. Kita berharap di ajang UTU Awards ke-10 mendatang pesertanya lebih banyak datang dari mancanegara, sehingga program UTU Awards bisa mendunia. Diwawancarai usai dinyatakan sebagai juara, tim mahasiswa UB dari kategori produk inovatif berbasis pertanian dan perikanan, yaitu Izzah Linatul Khariroh bersama dua anggotanya Naufal Abbiyu dan Alvu Sya'ban Al-Kareem mengatakan mereka mampu menginovasikan produk perawatan berbahan dasar ektrak bulu ayam dan apu-apu air.  "Kami melakukan riset inovasi produk perawatan rambut safe kiratine treatment berbahan dasar ekstrak keratinoid bulu ayam dan flavonoid daun apu-apu air". Lain halnya dengan tim UTU dari Kategori perencanaan bisnis yang berhasil mempersembahkan juara 1 dalam ajang UTU Award 2019. Diketuai oleh Arifan Lastori dengan anggota Miru Arjo Love Frianos. Mereka mengangkat judul "usaha mandiri Jimat Sakti (Jeroan Ikan Metabolit Thichorma SP) sebagai nutisi (pupuk) dan pengendali penyakit (biofungisida) ada tanaman.

 Ada empat bidang yang dilombakan pada UTU Award 2019, diantaranya Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan (RUBK), Bidang Produk Inovatif Berbasis Pertanian dan Perikanan (PIBPK), Perencanaan Bisnis (PB), dan Desain Toko Online. Untuk kategori produk inovatif berbasis pertanian dan perikanan (juara 1 diraih oleh Izzah, Naufal dan Alvu dari Universitas Brawijaya). Juara 2 diraih oleh Chindy Mauliza, Hurum Maqshurah, dan Weni Fitria dari Universitas Syiah Kuala. Juara 3 didapati oleh tim dari Universitas Gajah Mada dengan Anggota tim Imaniar Rusyadi, Fahmi Arrayid dan dian Setya Budi. Harapan 1 adalah Muhamad Qhair dan Wahid Nurhayat dari  Universitas Sumatera Utara  dan Harapan 2 diperoleh Akmal Wahida Zulkopli dkk dari tim debutan asal Malaysia, University Islam Sultan Zainal Abidin (UnisZA) Terengganu, Malaysia.

Untuk kategori riset unggulan berbasis kewirausahaan, juara 1 adalah tim dari Universitas Brawijaya dengan anggota tim Prasetya Akbar Pratama, Mochammad Chasbi  dan Jenrinaldo Tampubolon. Juara 2 Filza Sigit Pratama dari Universitas Mulawarman. Juara 3 Rabiyatul Na Fatin, Billy Dimas Anggoro dan Oan Dania Pasaribu dari Universitas Sumatera Utara. Sementara untuk juara harapan 1 dan 2 untuk kategori ini diraih oleh Universitas Sumatera Utara dan Universitas Teuku Umar dengan anggota tim masing-masing Tisya Maulida, Rangga dan Muhammad Ridwal serta Miranda Amalia, Taufik Akbar dan Ulfa Zaleha.

Untuk Ketegori Perencanaan Bisnis, tim dari Universitas Teuku Umar mampu mendominasi dengan meraih juara 1 dan 3 dengan anggota timnya masing-masing  Arifan Lastori dan Miro Arjo; serta Setiadi M Noor dan Anggun Muliana. Untuk juara 2 diraih oleh Ipin Orshella Nurwilis, Bagas Prasetya dan Diki Sodikin Firdaus. Untuk juara harapan 1 diraih oleh tim debutan kedua asal Malaysia yaitu dari University Terengganu Malaysia dengan ketua tim Noor Nadiah Bt Zainuddin serta anggota Nursafirah, Nu Rizzati Marliyana, Muhammad Julazwin dan Muhammad Qairul Naxiem. Kemudian untuk harapan 2 diraih Kodarusman, Rezki Gunadi dan Afizal Setiadi dari IPB University.

Untuk Kategori Desain Toko Online, juara 1 Himmatul Yusril Muna, Rofiatul Hasanah dan M Bustomi Fajhuri dari Universitas Brawijaya. Juara 2 Mariani dari STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh. Juara 3 adalah Raja Malikul Akbar dari Universitas Malikussaleh. Sementara untuk juara harapan 1 kategori ini kembali diraih oleh tim dari Universitas Malikussaleh oleh Khalil Maulana dan Juara Harapan 2 oleh Yoga Agung, Ilham Aifan Hidayat dan Hermawan Dwi Prayitno dari Universitas Amikom Purwokerto.

Dedy Darmansyah, M.Si salah seorang panitia inti UTU Awards menjelaskan peserta UTU Awards kelima ini diikuti sebanyak 400 Tim Mahasiswa yang berasal dari 106 Perguruan Tinggi se Indonesia dan 2 Perguruan Tinggi dari Malaysia. Total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi 5rd UTU Awards 2019 sebanyak 229,5 Juta Rupiah + program pertukuran pelajar ke Luar Negeri. Tim Juri UTU Awards juga didatangkan dari berbagai Perguruan Tinggi Se-Indonesia dan Malaysia. (Aduwina / Humas UTU).

Lainnya :