SEMINAR SERIES: Mengenali Potensi Sumber Daya Laut di Aceh Jaya
  • Prodi Ilmu Kelautan
  • 13. 11. 2019
  • 0
  • 468
  • MAHASISWA

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar menyelenggarakan kegiatan seminar series dengan tema "Pemanfaatan Sumber Daya Laut Di Aceh Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan bertepata pada hari Rabu, 13 Oktober 2019 yang dilaksanakan di ruang seminar FPIK.

Acara di buka  langsung oleh ketua program studi ilmu kelautan yakni bapak Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan seminar series merupakan kegiatan edukatif yang saat ini hanya dilakukan oleh HMIK. "Kedepannya semoga kegiatan seminar series menjadi model dan dapat diterapkan pada prodi-prodi lainyya yang ada di Universitas Teuku Umar". Pemateri yang diundang pada seminar series kali ini adalah bapak Alauddin, S.Pi., M.T.

Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh. Kabupaten Aceh Jaya dibentuk tahun 2002 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. Kabupaten Aceh Jaya terkenal dengan profil penduduknya yang khas. Potensi yang ada di sana meliputi objek wisata, penangkaran penyu, perikanan dan pertanian. Masyarakat pesisir pantai Aceh Jaya pada umumnya bekerja sebagai nelayan dan melaut. Mereka juga ikut berpartisipasi dalam mengelola pantai, baik itu penanaman mangrove, serta ikut dalam perlindungan penyu dimana populasi penyu saat ini sudah sangat sedikit dibandingkan masa sebelumnya.

Dalam materinya bapak Alauddin, S.Pi., M.T. menyampaikan bahwa sumber daya laut adalah sumber daya yang meliputi ruang lingkup yang luas yang mencakup kehidupan laut baik flora dan fauna. Banyak masyarakat pesisir memanfaatkan dan berinteraksi dengan lingkungan laut mulai dari pelaut, nelayan komersial, pemanen kerang, hingga akademisi seperti mahasiswa. Selain itu juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan baik rekreasi, penelitian, industri dan kegiatan lain yang bersifat komersial.

Komentar :

Lainnya :