“Silahturahmi Kepala DKP Nagan Raya dengan Pihak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 18. 09. 2019
  • 0
  • 232

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Nagan Raya berkunjung ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar dalam hal ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi, supaya saling kenal, berbagi ilmu dan dapat berkerja sama pada kegiatan yang akan datang, dalam hal ini Wakil Dekan I Dr. M. Rizal, S.Pi., M.Si selaku moderator dalam acara silahturahmi antara pihak Fakultas Perikanan dan Perikanan dengan DKP Nagan Raya.

Selasa 17 September 2019 Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. Ali S., M.Si  membuka acara rapat silahturahmi, dalam hal ini menyampaikan selamat datang Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan beserta rombongan ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Dekan juga mengenalkan struktural kampus kepada pihak DKP agar saling mengenal satu dengan lainnya. Prof. Dr. Ali S, M.Si menyatakan kita sangat butuh dengan DKP dimana saja karena induk dari perikanan ada di Dinas Kelautan Perikanan sendiri, dengan adanya silahturahmi DKP Nagan Raya dengan pihak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU menjadi SDM untuk para mahasiswa/i, alumni dan dosen yang ingin melakukan riset di daerah Nagan Raya, dan juga mendukung penuh semua kegiatan mahasiswa, dosen yang ingin berkunjung ke wilayah pesisir Nagan Raya tersendiri.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Nagan Raya, Bapak M. Nasir., SP memaparkan perlu dilakukan hal-hal yang berdampak positif terhadap nelayan Nagan Raya, baik perikanan darat, laut dan sebagainya. Nagan Raya juga mempunyai 74 km lebih yang merupakan wilayah pesisir yang lebih luas di bandingkan dengan wilayah pesisir yang ada di garis pantai aceh barat selatan ini.

Nagan Raya memiliki berbagai budidaya ikan diantara nya ikan nila, ikan mas, serukan dan kerling. Dinagan Raya tersendiri juga memiliki dua UPTD dan dua UPR yang masing sudah berjalan sangat lama dalam proses budidaya, UPTD dan UPR tersebut juga menjadi tempat praktikum dan peneilitian mahasiswa dan dosen, terutama dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU. Budidaya ikan kerling juga sudah mulai berkembang di Kecamatan Beutong Ateuh yang insya allah akan panen pada awal 2020 begitu ucapan dari Kadis DKP Naga Raya.

Nagan Raya juga memiliki danau laut Tadu yang sudah mulai melakukan budidaya ikan dalam system keramba jarring apung, yang memiliki luas 77 hektar, harapan dari Kadis DKP Nagan Raya dosen dan mahasiswa dapat melakukan riset ikan apa saja yang bias dibudidayakan di danau tersebut.

Harapan dari kepala Dinas Kelautan Perikanan Nagan Raya dengan adanya FPIK UTU yang mempunyai SDM yang tinggi di bidang perikanan dalam hal ini secara umum dapat berbagi ilmu yang membuat nelayan Nagan raya lebih maju dibidang perikanan. (Budiman)

Lainnya :