Wakil Rektor II dan Ketua LPPM UTU Tinjau Kegiatan KKN Tematik Covid-19
  • UTU News
  • 14. 07. 2020
  • 0
  • 451

MEULABOH - UTU | Wakil Rektor II Universitas Teuku Umar (UTU) Dr. Ishak Hasan, M.Si didampingi Ketua LPPM UTU, Ir. Rusdi Faizin, M.Si melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covi-19 Angkatan XV Tahun 2020 yaitu di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. Kegiatan ini berlangsung Senin (13/7/2020).

Dr. Ishak Hasan menjelaskan, kegiatan yang dievaluasi diantaranya menyangkut program kerja utama, program tambahan, dan program kerja penunjang. Merujuk kepada tema KKN Tematik UTU XV Tahun 2020 yaitu "Penanggulangan Covid-19" maka seluruh program dan pelaksanaannya lebih kepada sosialisasi hidup sehat, pendataan jumlah masyarakat terdampak Covid-19, membantu penyaluran bantuan sosial, menghasilkan produk pembelajaran digital untuk tingkat SD sampai SLTA, penyediaan/bantuan perlengkapan alat pelindung diri atau bentuk lainnya, membantu pemecahan masalah sosial dampak Covid-19 yang tidak terkait langsung dengan ODP, PDP, dan pasien Covid-19.

Hasil dari monev diperoleh bahwa realisasi program kerja di Gampong Seunuloh meliputi pembuatan hands sanitizer, alat cuci tangan, masker, poster protokol kes covid-19. Selain itu juga ada kebun percontohan, pembinaan pustaka desa, dan mengajarkan anak-anak untuk mengaji, dan sosialisasi menjaga kebersihan pantai.

Dijelaskan Dr. Ishak dengan mengikuti kegiatan KKN Tematik Covid-19 mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat dan dapat mengembangkan dengan menerapkan pengetahuan akademik.

"Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauhmana mahasiswa memberi kontribusi terhadap penanganan Covid-19 dalam masyarakat, mencari alternatif solusi, melakukan sosialisasi, komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk merealisasi solusi yang dipilih," Pungkasnya.

Kegiatan KKN Temtik Periode ke XV tahun 2020 dikoordinir oleh Pusat Pengelola KKN dan Pengabdian Kepada Masyarakat, suatu unit kerja di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UTU. Kegiatan KKN dimulai tanggal 15 Juni 2020 dan akan berakhir tanggal 25 Juli 2020 diikuti 898 mahasiswa dari enam fakultas selingkungan UTU.

Sementara Ketua LPPM UTU, Ir. Rusdi Faizin, M.Si menambahkan bahwa sejauh ini, pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Covid-19 UTU XV 2020 telah berjalan dengan baik dan disambut antusias oleh masyarakat. Program-program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sebagian besar telah terlaksana dan berdampak positif bagi masyarakat desa khususnya dalam upaya penanggulangan Covid-19. Namun untuk lebih memastikan bahwa kegiatan KKN telah berjalan sesuai harapan, Pimpinan UTU melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan program di masa-masa akan datang. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :